+62 8988 2014 17

Home » Internet Marketing » Tehnik Optimasi Blog Dengan ONPAGE SEO

Tehnik Optimasi Blog Dengan ONPAGE SEO

zata-mediaindo-on-page-seo

Zata MediaIndo – ONPAGE SEO itu memang menjadi misteri yang sulit dipecahkan oleh blogger pemula yang terkadang kerap membuat putus asa karena traffic blog tak kunjung meningkat atau bahkan malah mengalami penurunan yang drastis.

Apa pengaruh onpage SEO ini?

Bagaimana cara mengoptimalkannya?




Pertama, yang harus kita ketahui itu adalah apa saja faktor yang mempengaruhi kualitas onpage SEO pada blog kita. Itu antara lain adalah berupa link, kualitas konten, relevanitas konten 1 dengan yang terkait, serta keyword, meta tag serta keyword density.

Kedua, teknik pengoptimalannya, diantaranya adalah :

A. LINK

Internal link dan sidebar link sangat mempengaruhi posisi SERP konten anda. Usahakan Semua link yang dofollow di blog anda semuanya RELEVAN tanpa terkecuali. Lupakan outbound link/link keluar blog kita.

B. Kualitas Konten

Sudah yakin akan kualitas konten yang selama ini anda buat? Jangan anggap remeh yg satu ini. Tanpa konten yg berkualitas , posisi konten anda di SERP takkan bertahan lama. Karena akan banyak muncul konten serupa dari para pesaing keyword anda. Untuk memaksimalkannya, buatlahkonten spesifik yang hanya membahas tentang keyword yang anda targetkan. jauhi penggunaan kata kalimat pendek. Usahakan 15-30 kata per kalimat. Buatlah konten 1000 kata. Minimal 5 paragraf. Disini saya bicara soal bagaimana membangun konten abadi. Jadi jangan ragu membuat konten panjang. SIngkat kata, buatlah senatural mungkin, dengan memperhatikan keyword yg anda targetkan.

C. Relevanitas Konten

Kenapa saya sebut demikian? Mayoritas dari kita membangun blog yang tidak diriset keywords-nya terlebih dahulu. Tanpa itu blog kita 0% tingkat relevanitasnya, Jadi harus riset keyword sebelum membangun blog. Blog niche sudah pasti relevan konten yg ada didalamnya. Perhatikan point ini sebaik mungkin.

D. Keyword dan Keyword Density

Tanpa membidik keyword, sudah pasti anda sudah memilih jalan yg salah. Keyword density pun hingga kini masih menjadi peran yg cukup penting yang masih erat kaitannya dengan kualitas konten dan relevanitasnya. Maka cukup gunakan keyword density dibawah 5%. Sisanya kita spin keyword target dan gunakan sinonim dari keyword tersebut, serta buatlah link yg relevan dari keyword tertarget itu. Sisipkan LSI dari keyword target anda. Berikan sentuhan natural dari teknik anda membuat konten. Untuk point yg satu ini anda harus mengalami banyak praktek.. hingga menemukan titik terang yang pasti. karena beda orang, beda hasil. TErus lah optimasi konten anda, lalu fetch as google di webmaster tool, lihat secara berkala peubahan hasil di SERP Google. Inti dari point ini adalah #KeepTrying. Kalau anda gagal disini, anda sudah pasti akan kehilangan SERP terbaik konten anda.

E. Meta tag – Heading Tag

Meta tag sebenarnya sangat berguna dalam menyampaikan “Pesan” kepada bot google apa saja yang kita sajikan kepada visitor. Fokuslah kepada title tag halaman/page konten anda. Buat seminimal mungkin dengan maksud agar bot google akan mudah memahami judul dan isi konten kita. Selanjutnya heading tags. Pada sektor ini , ada baiknya kita hnya menggunakan satu H1. Untuk H2 menjelaskan sub judul dari H1. jadi H2 harus turunan keyword dari H1, biar nampak relevan, bisa juga menggunakan LSI sebagai H2 konten. H3 boleh anda tambahkan beberapa saja, jangan kebanyakan. Dikira-kira, karena H3 pembahasannya meliputi pembahasan yg lebih sempit dari H2 / keyword turunan dari H2. Untuk H4 itu tidak perlu digunakan..

Selain itu, perhatikan juga susunan heading tag dari theme / template blog anda. Untuk Sidebar, footer, dan lainnya, jangan ada yg menggunakan H2. Ganti jadi H3 atau H4. JIka ada H5 dan H6 padanya, silakan diganti ke H4 saja.

Referensi :

https://www.facebook.com/notes/cara-memulai-bisnis-online-blogduitcom/cara-optimasi-blog-dengan-onpage-seo/455723334635940