+62 8988 2014 17

Home » Digital Content Writer » Jenis Artikel yang Tidak Bermanfaat dihasil Pencarian Mesin Pencari

Jenis Artikel yang Tidak Bermanfaat dihasil Pencarian Mesin Pencari

ciri-artikel-bermanfaat-zata-mediaindo

Zata MediaIndo – Sebagai seorang blogger menulis merupakan hal yang wajib dikuasai apalagi jika kamu bekerja sebagai Digital Content Writer. Mencari suatu bahan untuk menulis merupakan hal yang amat sulit untuk para penulis apalagi jika memang penulis tersebut hanya copy dan paste berikut ini ada tips dari seorang blogger yaitu Andika Netizen silahkan disimak.

Menulis sebuah artikel haruslah relevan dengan topik yang dibahas dan memberikan informasi yang aktual tanpa mengurangi bobot dari isi artikel tersebut. Terkadang kita sebagai penulis membuat artikel yang tidak bermanfaat. Maksudnya adalah kurang diminati oleh para pencari konten. Coba terapkan beberapa tips berikut ini :

1. Artikel dengan Keyword yang tidak populer

Kata kunci yang tidak populer adalah kata kunci yang tidak banyak diminati / tidak banyak di ketikkan untuk dicari pada mesin pencari.

Artikel saya sudah berkualitas mengikuti cara para suhu dan sudah menerapkan SEO, Tapi kenapa tidak ada orang yang mau membaca artikel itu ya?

Itulah kenapa artikel dengan kata kunci yang tidak populer tidak akan berguna bila menempati page one (tetapi bukan sama sekali tidak berguna) Jika kamu tes menggunakan kata kunci yang sudah kamu letakkan di artikelmu, selalu muncul di page one. Karena kamu sendiri yang tahu kata kuncinya, padahal kata kunci tersebut tidak terlalu diminati oleh orang lain. Jadi meskipun artikel kamu ada di page one, tetapi sama sekali tidak ada yang mencari informasi dengan kata kunci tersebut, maka artikel kamu hanya akan menjadi karang yang berlumut. Seperti halnya barang yang berkualitas tetapi tidak ada yang membutuhkan maka tidak akan ada yang mau membeli.

2. Artikel yang minim informasi

Mungkin keberuntungan kamu jika punya artikel yang tidak berbobot dan minim informasi bisa berada di page one beberapa jam/beberapa hari setelah artikel di publish. Tapi…. Jangan senang dulu, Google kini semakin canggih Google otomatis mengatur urutan Rank di page one berdasarkan perlakuan pengunjung. Jadi, semisal kamu punya artikel yang minim informasi, dan berada di page one. Visitor pun banyak yang berdatangan 1-3 hari tetapi lihat setelah itu para visitor itu tidak menyukai artikel yang telah mereka baca (artikel anda yg ada di page one tadi), karena minimnya informasi yang mereka dapatkan.
Sehingga otomatis mereka akan langsung klik back untuk mencari artikel lain. Bounce rate pada artikel anda tinggi, google akan mendeteksi artikel tersebut tidak diminati. Dan inilah yang terjadi Bounce rate tinggi > Google mendeteksi artikel tidak berkualitas> Ranking akan turun perlahan lahan seiring bertambahnya visitor > Artikel akan lenyap > Visitor hilang. Jadi artikel tersebut hanya mendatangkan visitor sesaat saja.

Lebih baik pikirkan seberapa kuat kualitas artikel anda Daripada memikirkan seberapa besar peluang artikel anda berada di Page one.

Ciri Artikel berkualitas :

1. Membuat pembaca merasa kagum dengan tulisan anda.
2. Membuat pembaca puas karena masalahnya telah terselsaikan setelah membaca artikel anda.
3. Artikel yang kaya akan informasi bermanfaat.
4. Artikel yang bila anda baca sendiri akan membuat anda kagum.
5. Artikel yang tidak hanya terdiri dari tulisan, tetapi juga diperjelas dengan fakta, gambar ilustrasi, maupun video. Artikel seperti itulah yang otomatis akan banyak direkomendasikan oleh banyak orang.
6. Direkomendasikan orang di media sosial akan mendatangkan nama pada blog.
7. Direkomendasikan orang di Blognya akan membuat Blog kita terkenal dan otomatis kita juga mendapat Backlink alami yang sangat berkualitas.

Seperti ini lah contoh skemanya :

Artikel berkualitas> Akan disukai pembaca> Pembaca kemungkinan akan melakukan share artikel> Visitor banyak yang membookmark blog anda> Otomatis mereka betah berlama-lama membaca di Blog anda> Ada yang memberikan Backlink berkualitas gratis> Maka Posisi Artikel akan berada di halaman paling atas.

Karena Google tahu kualitas Artikel yang kamu miliki. Maka Google pun akan menunjukkan hasil pencarian yang paling relevan bagi para visitor. Contoh diatas hanyalah alur yang dialami oleh artikel yang benar benar dibuat untuk memberi informasi dan manfaat.
Alur seperti diatas tidak akan terjadi secara cepat melainkan bisa berjalan 1 bulan, 2 bulan, atau lebih. Itu semua tergantung anda. Artikel berkualitas tidak akan berguna jika tidak di promosikan dengan baik. Promosi artikel penting daripada hanya update artikel 1. Artikel berkualitas bila dipromosikan hasilnya bisa melebihi 10 artikel biasa. Saya bukanlah orang yang ahli dalam hal Blogging, saya hanya belajar dan melakukkan riset dari para Blogger pasti yang membagikan ilmunya secara gratis di internet.

BONUS TIPS

1. Tulis saja dulu artikel yang unik dan original. Sehingga pengunjung lebih suka artikel yang berkualitas bukan artikel sampah/ spam.
2. Setiap habis bikin artikel submit artikel mu di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1
3. Install Plugin SEO Yoast (Khusus WordPress) atau yang serupa, dan submit sitemap.xml nya ke Google Webmaster
4. Instal Plugin Jetpack (Khusus WordPress), dan buat Blog-mu untuk selalu autoshare ke Sosial media seperti G+, Facebook, Twitter. Jadi setiap kamu Posting dan Klik Publish , maka otomatis artikel-mu terbagi ke sosial media.

Baca disini: http://jetpack.me/support/publicize/

5. Pasang Iklan di Facebook
Pilih Iklan dengan jenis Boost Post/ Lain-nya. Buat Judul & Deskripsi Iklan Yang menarik,  Jangan Bikin Judul & Deskripsi iklan yang bisa membuat orang mudah menebak apa isi artikel-nya. Bikin orang penasaran dengan isi artikel dan mau klik Iklan dan Masuk Ke blog-mu, kunci-nya ada di kualitas judul Iklan.

6. Jangan pernah membohongi pengunjung.
Sekali kamu bohongi pengunjung, blog-mu dicap sampah/ spam yang tentu saja merusak reputasi blog kamu.

Referensi :

http://andikanetizen.blogspot.com (Dengan berbagai perubahan).